3 Langkah Menetapkan Tujuan Media Sosial Bisnis Anda

1. Lakukan audit media sosial

Sebelum Anda dapat mulai berpikir tentang apa yang ingin Anda capai dengan media sosial Anda, Anda perlu gambaran yang jelas tentang posisi Anda saat ini. Itu berarti Anda perlu melakukan audit media sosial.

Audit media sosial akan membantu Anda merekam semua akun dan program media sosial Anda di satu tempat. Anda juga akan merasakan tingkat kinerja Anda saat ini, yang dapat Anda gunakan sebagai garis dasar.

 

2. Putuskan apa yang penting

Setelah menyelesaikan audit, lihat informasi yang telah Anda kumpulkan. Anda akan mulai melihat saluran sosial mana yang berkinerja baik, dan mana yang mungkin membutuhkan fokus yang berbeda.

Selanjutnya, mulailah berpikir tentang apa yang benar-benar penting untuk Anda capai dengan sasaran media sosial Anda.  Apakah meningkatkan Like akan menghasilkan nilai bisnis nyata? (Dalam beberapa kasus, itu mungkin sangat baik. Tetapi luangkan waktu untuk benar-benar memikirkan hal ini di awal.)

Lihatlah keseluruhan strategi bisnis Anda dan rencana pemasaran sosial Anda dan cari cara untuk lebih menyelaraskan yang terakhir dengan yang sebelumnya. Setelah Anda memutuskan jenis pertumbuhan atau peningkatan apa yang benar-benar dapat membantu meningkatkan bisnis Anda, inilah saatnya untuk mulai menyusun beberapa tujuan media sosial tertentu.

3. Pilih kerangka kerja penetapan tujuan Anda

Siapa pun dapat menarik tujuan yang tinggi keluar dari udara, tetapi itu tidak akan membantu Anda meningkatkan hasil bisnis Anda atau bahkan mengukur kemajuan. Agar tujuan pemasaran media sosial Anda bermanfaat, mereka harus realistis dan dapat dilacak. Mereka juga perlu dikaitkan dengan tujuan yang jelas yang akan membantu Anda membuat kemajuan.

Kerangka kerja penetapan tujuan yang mapan membantu Anda melakukan pekerjaan di muka untuk menciptakan tujuan media sosial yang bermakna yang akan mendukung bisnis Anda dalam jangka panjang. Berikut adalah beberapa alternatif kerangka tujuan 

Kerangka tujuan SMART

Kerangka tujuan SMART adalah tentang menciptakan tujuan yang relevan, dapat dicapai yang membantu mendukung tujuan bisnis Anda secara keseluruhan. Singkatan singkatan:

  • S pecific: Jelas. Apakah “tingkatkan keterlibatan” berarti Anda menginginkan 100 pengikut baru atau 1.000? Membuat sasaran media sosial Anda spesifik membantu Anda melacak kemajuan dan mengukur kesuksesan.
  • Lebih mudah: Setiap sasaran membutuhkan semacam metrik. “Tingkatkan layanan pelanggan” adalah konsep yang hebat, tetapi itu bukan tujuan kecuali Anda memiliki cara untuk mengukur peningkatan itu.
  • Yang dapat dicapai: Tujuan media sosial Anda harus benar-benar mengharuskan Anda melakukan peregangan, tetapi tujuan tersebut harus dapat dijangkau jika Anda melakukan pekerjaan yang diperlukan.
  • R elevant: Ini adalah bagian yang mengikat penetapan tujuan Anda kembali ke tujuan bisnis yang lebih besar. Jika tujuan Anda melibatkan peningkatan suka Facebook , misalnya, pastikan Anda memahami bagaimana itu akan menguntungkan bisnis.
  • Sebenarnya: Tenggat waktu membuat semua orang bertanggung jawab. Sertakan kerangka waktu untuk penyelesaian tujuan Anda sehingga Anda tahu kapan harus memeriksa kesuksesan Anda. Anda mungkin juga ingin memasukkan beberapa tonggak sejarah di sepanjang jalan untuk check-in tambahan.

Idenya adalah bahwa tujuan yang efektif mewujudkan semua kualitas ini. Mari kita lihat sebuah contoh.

Adidas telah menetapkan beberapa tujuan yang relevan untuk membuat bisnis mereka lebih berkelanjutan, berdasarkan sekitar enam prioritas.

Mari kita lihat tujuan air mereka secara khusus. Rencana keberlanjutan mereka dimulai dengan pernyataan nilai:

“Kami menghargai air. Air sangat penting bagi kehidupan. Ini juga merupakan sumber daya utama bagi industri kami. ”

Berikut serangkaian sasaran yang terkait:

“Pada tahun 2020, kami akan mencapai:

  • Penghematan air 20% di pemasok strategis kami (baseline 2014)
  • Penghematan air 50% di pemasok bahan pakaian kami (baseline 2014)
  • Penghematan air 35% per karyawan di lokasi kami sendiri (baseline 2008) ”

Inilah cara tujuan menyelaraskan dengan kerangka kerja SMART:

  • Khusus : Mereka tidak hanya menginginkan penghematan air, mereka menginginkan persentase tertentu dari penghematan air dalam berbagai konteks.
  • Terukur : Mengidentifikasi garis dasar dan persentase yang jelas untuk peningkatan berarti Adidas dapat mengukur kemajuan mereka dari tahun ke tahun. Rencana keberlanjutan itu sendiri mengacu pada “tujuan yang nyata dan terukur.”
  • Dapat dicapai : Sulit untuk menilai ini dari luar, tetapi rencana keberlanjutan Adidas menunjukkan bahwa mereka telah mengkalibrasi tujuan mereka menjadi menantang tetapi dapat dicapai: “Ini adalah tentang dipersiapkan, menetapkan langkah yang tepat dan memiliki dorongan dan stamina untuk maju. jarak.”
  • Relevan : Sasaran yang dipilih “memiliki dampak langsung pada dunia olahraga tempat kami beroperasi.”
  • Tepat waktu : Tujuan memiliki batas waktu yang ditentukan: 2020.

Kerangka tujuan OKR

OKR adalah singkatan dari Objectives and Key Results. Ini paling dikenal sebagai kerangka kerja penetapan tujuan yang disukai oleh Google.

Tidak seperti sasaran SMART, sasaran OKR tidak dimaksudkan agar dapat dicapai 100 persen.Tujuannya dimaksudkan untuk menjadi sangat ambisius, dan mencapai kesuksesan 60 atau 70 persen dianggap sebagai kemenangan.

Sebagaimana dijelaskan oleh: Kerja oleh Google , Anda dapat mulai mengembangkan sasaran OKR dengan mengajukan dua pertanyaan:

1. Kemana kita ingin pergi?

Pertanyaan ini membahas elemen penetapan tujuan yang dicakup oleh komponen “relevan” dari sasaran SMART. Apa yang ingin Anda capai dan apa dampaknya pada bisnis Anda? Inilah tujuan Anda.

2. Bagaimana kita mengatur kecepatan untuk melacak apakah kita akan sampai di sana?

Ini mencakup aspek “spesifik”, “terukur,” dan “tepat waktu” dari sasaran-sasaran SMART. Apa hasil spesifik yang akan menunjukkan kemajuan atau keberhasilan? Apa yang akan Anda lacak dan ukur? Anda harus memiliki sekitar tiga hasil utama untuk setiap tujuan.

Bonus: Dapatkan template laporan analitik media sosial gratis   yang menunjukkan Anda metrik paling penting untuk dilacak untuk setiap jaringan.

Dapatkan template gratis sekarang!

Ingat: Elemen tujuan SMART yang “dapat dicapai” tidak selaras dengan kerangka kerja OKR. OKR secara umum dimaksudkan sebagai tujuan yang melebar, jadi pencapaian 100 persen bukanlah tujuannya.

Berikut adalah contoh dari “ Measure What Matters ” oleh John Doerr, seorang kapitalis ventura yang telah bekerja dengan beberapa perusahaan top dunia dan merupakan penganjur yang kuat untuk OKR.

Jauh di tahun 2012, YouTube memiliki tujuan untuk mencapai satu miliar jam waktu menonton per hari. Mereka menggunakan OKR untuk membantu mereka sampai di sana. Seperti apa bentuknya:

  • “ Tujuan : Mencapai satu miliar jam waktu tonton per hari pada 2016, dengan pertumbuhan didorong oleh:
  • Hasil utama :
  1. Tim pencarian + Aplikasi Utama (+ XX%), Ruang Tamu (+ XX%)
  2. Tumbuhkan keterlibatan anak-anak dan waktu menonton game (jam menonton X per hari)
  3. Luncurkan pengalaman YouTube VR dan kembangkan katalog VR dari video X ke Y. ”

Doerr tidak mengungkapkan angka spesifik yang digunakan YouTube, karena itu rahasia. Tetapi Anda mendapatkan idenya.

Bagaimana cara YouTube mencapai sasaran itu? Meskipun awalnya mereka bertujuan untuk akhir 2016, mereka mengumumkan satu miliar jam tampilan per hari pada Februari 2017, hanya beberapa bulan terlambat. Karena OKR dimaksudkan sebagai peregangan, itu sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *